Sikap dan Kepercayaan

Sikap adalah evaluasi dari seseorang terhadap suatu objek. Sedangkan kepercayaan adalah pengetahuan konsumen mengenai suatu objek, atribut, dan manfaatnya. Beberapa karakteristik sikap:

  • Sikap memiliki objek
  • Konsistensi sikap
  • Sikap positif, negatif, dan netral
  • Intensitas sikap
  • Resistensi sikap
  • Persistensi sikap
  • Keyakinan sikap
  • Sikap dan situasi

Fungsi Sikap dan Strategi Mengubah Sikap Konsumen

Terdapat empat fungsi dari sikap:

  • Fungsi utilitarian

Seseorang menyatakan sikapnya terhadap suatu objek atau produk karena ingin memperoleh manfaat dari produk tersebut atau menghindari risiko dari produk tersebut.

  • Fungsi mempertahankan ego

Melindungi citra seseorang dari gangguan yang muncul dari dalam dirinya sendiri atau dari faktor luar yang mungkin menjadi ancaman bagi dirinya.

  • Fungsi ekspresi nilai

Menyatakan nilai-nilai, gaya hidup, dan identitas sosial dari seseorang.

  • Fungsi pengetahuan

Ingin mengetahui banyak hal.

Strategi mengubah sikap konsumen:

  • Kombinasi beberapa fungsi
  • Mengasosiasikan produk dengan sebuah kelompok atau peristiwa
  • Memecahkan konflik dua sikap yang saling berlawanan
  • Mengubah evaluasi relatif terhadap atribut
  • Mengubah kepercayaan merek
  • Menambahkan sebuah atribut pada produk
  • Mengubah penilaian merek secara menyeluruh
  • Mengubah kepercayaan terhadap merek pesaing

Model Sikap

Model tiga komponen:

  • Komponen kognitif

Sikap menggambarkan pengetahuan dan persepsi terhadap suatu objek sikap.

  • Komponen afektif

Menggambarkan perasaan dan emosi seseorang terhadap suatu produk atau merek.

  • Komponen konatif

Menggambarkan kecenderungan dari seseorang untuk melakukan tindakan tertentu yang berkaitan dengan objek sikap.

Model Sikap Multiatribut Fishbein

Model Multiatribut Sikap dari Fishbein terdiri atas tiga model: the attitude-toward-object model, the attitude-toward-behavior-model, dan the theory-of-reasoned-action model. Model the attitude-toward-object model digunakan untuk mengukur sikap konsumen terhadap suatu produk atau berbagai merek produk. Ada tiga konsep utama pada model ini:

  • Atribut: karakteristik dari objek sikap.
  • Kepercayaan: kekuatan kepercayaan bahwa suatu produk memiliki atribut tertentu.
  • Evaluasi atribut: baik atau buruknya suatu atribut menggambarkan pentingnya suatu atribut bagi konsumen.

Model Sikap Angka Ideal

Model angka ideal ini memberikan informasi mengenai sikap konsumen terhadap merek suatu produk dan sekaligus bisa memberikan informasi mengenai merek ideal yang dirasakan konsumen. Konsep utama dalam model ini:

  • Ab: sikap keseluruhan konsumen terhadap suatu merek
  • Evaluasi atribut: evaluasi terhadap kepentingan suatu atribut
  • Ii: keinginan performansi ideal dari atribut yang dievaluasinya.
  • Komponen Xi: memberikan penilaian aktual suatu atribut produk/merek seperti apa yang dirasakan konsumen.

Summarized by Reza Pratama (majoring in Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology-Bogor Agricultural University, Bogor, Indonesia)

Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen. Teori & Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour: Theory & Application in Marketing).

http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/