Arti Proses Belajar

Belajar merupakan suatu proses untuk memperoleh suatu pengetahuan dan pengalaman yang akan mengakibatkan perubahan sikap dan perilaku yang relatif permanen. Beberapa hal penting dari belajar:

v  Belajar adalah suatu proses yang berkelanjutan

v  Pengalaman memainkan peranan dalam proses belajar

v  Terminologi belajar memiliki makna yang luas.

Proses belajar dapat terjadi karena adanya empat unsur yang mendorong proses belajar tersebut:

v  Motivasi à daya dorong dalam diri konsumen

v  Isyarat à stimulus yang mengarahkan motivasi tersebut

v  Respon à reaksi konsumen terhadap isyarat

v  Pendorong/penguatan à sesuatu yang meningkatkan kecenderungan seorang konsumen untuk berperilaku pada masa datang karena adanya isyarat atau stimulus.

Proses Belajar Perilaku

Beberapa pakar mengklasifikasikan proses belajar ke dalam dua kategori: proses belajar kognitif, yaitu proses belajar yang dicirikan oleh adanya perubahan pengetahuan, yang menekankan kepada proses mental konsumen untuk mempelajari informasi dan proses belajar perilaku, yaitu proses belajar yang terjadi ketika konsumen bereaksi terhadap lingkungannya atau stimulus luar.

Schiffman dan Kanuk membagi proses belajar menjadi:

  1. Proses Belajar Classical Conditioning

Classical conditioning adalah suatu teori belajar yang mengutarakan bahwa makhluk hidup, baik manusia maupun binatang adalah makhluk pasif yang bisa diajarkan perilaku tertentu melalui pengulangan. Ada tiga konsep utama yang diturunkan dari proses belajar classical conditioning, yaitu pengulangan, generalisasi stimulus, dan diskriminasi stimulus.

  1. Proses Belajar Instrumental Conditioning (Operant Conditioning)

Operant conditioning adalah proses belajar yang terjadi pada diri konsumen akibat konsumen menerima imbalan positif atau negatif karena mengonsumsi produk sebelumnya.

  1. Proses Belajar Vicarious Learning (Observational atau Social Learning)

Observational learning adalah proses belajar yang dilakukan konsumen ketika ia mengamati tindakan dan perilaku orang lain serta konsekuensi dari perilaku tersebut.

Source:http://ujangsumarwan.blogspot.com/

Summarized by Reza Pratama (majoring in Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology-Bogor Agricultural University, Bogor, Indonesia)

Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen. Teori & Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour: Theory & Application in Marketing).

http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/